Senin, 31 Oktober 2011

Umpan balik spesifik untuk mempercepat pembelajaran

Pembelajaran dapat ditingkatkan secara dramatis dengan memberikan lebih banyak umpan balik yang berkualitas memperbanyak umpan balik adalah cara paling baik untuk meningkatkan jumlah dendrit dalam otak. Otak adalah organ kompleks tempat mengembangkan informasi. Koreksi membantunya meningkatkan perilaku belajar dan bertahan. ( sayangnya, sebagian besar dosen dan perguruan tinggi hanya mengandalkan ujian tengah semester dan ujian akhir semester sebagai sarana penilaian para mahasiswa). Berjanjilah sebagai pribadi dan pendidik bahwa anda akan memberikan umpan balik bagi murid anda setiap tiga puluh menit. Yang perlu diingat adalah hal itu tak akan mungkin terlaksana jika anda adalah satu – satunya orang yang memberikan umpan balik. Jika kelas anda berisi 35 murid, waktu akan menjadi masalah. Untunglah, umpan balik bisa berasal dari beragam sumber.

Saran
Ciptakan cara untuk membantu murid mencari jawaban atas pekerjaan mereka lewat koreksi diri. Misalbnya, beri nilai ulangan atau kuis secara tiba – tiba. Atau, gunakan alat – alat yang akan menghasilkan umpan balik seketika selama melakukan aktifitas, misalnya kartu data Holey untuk persamaan matematika.
Minta murid membuat semacam daftar atau jadwal untuk menetapkan tujuan harian atau mingguan ,. Setelah itu, minta mereka memeriksa kemajuan yang dicapai.
Minta murid membuat ringkasan pelajaran yang diajarkan hari sebelumnya dalam satu halaman kertas atau kurang. Kemudian, minta mereka membuat pertanyaan dan ujikan pertanyaan-pertanyaan itu kepada murid lain.
Bantu murid menyususun kategori kinerja atau penilaian. Biarkan murid mengukur kemampuan pribadi berdasarkan kategori ini sehingga mengetahui kemajuan mereka secara tepat.
Gunakan beragam alat untuk menciptakab umpan balik bagi murid, termasuk alat perekam audio dan video, cermin, rekan kerja, atau aktivitas terbuka. Berdiskusikanlah dengan murid mengenai apa yang mereka ketahui tentang kinerja mereka dari tiap-tiap umpan balik.
Siapkan ritual tertentu untuk menyampaikan umpan balik. Ritual itu akan memberi murid kesempatan berinteraksi dan menerima penilaian dari teman-temannya. Sebagai contoh, minta sepasang murid memberikan penilaian di akhir setiap tugas dan tutup dengan memberikan pujian atau ucapan terima kasih yang tulus.

reff
rahasia otak cemerlang , rangkaian aktivitas ringan untuk melatih kerja otak,erick jensen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar